Dimana Tersedia Tes Kesiapan Sekolah Online Untuk Anak? Hubungi Tempat Ini!

Konten [Tampil]

Masa penerimaan peserta didik baru mulai tiba? Mungkin diantara Anda ada mempunyai putra dan putri yang usianya berada pada peralihan umur 6 tahun, yang kemudian menjadikan bimbang untuk mendaftarkan anak ke Sekolah Dasar atau belum. Jika ini dialami saat ini, maka tes kesiapan sekolah dasar dapat menjadi solusinya.

Untuk Apa Tes Kesiapan Sekolah Dilakukan Pada Anak?

Dengan mengacu pada PermenDikBud Nomor 14 tahun 2018, ada ketentuan bahwa usia minimal untuk masuk Sekolah Dasar uaitu 6 tahun. Lalu bagaimana dengan anak dengan usia yang belum genap mencapai usia 6 tahun disaat pendaftaran? 

Bagi para orangtua sudah berencana mendaftarkan anak ke Sekolah Dasar, maka perihal ini bisa saja dilakukan dengan ketentuan bahwa anak tersebut memang memiliki kematangan dan kemampuan akademik yang menunjang. Karena itu para orangtua dengan anak usia dibawah 6 tahun, perlu membuktikan dengan adanya rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Tes Kesiapan Sekolah Online

Apa maksud surat keterangan psikolog profesional untuk rekomendasi masuk SD?

Surat keterangan psikolog untuk rekomendasi masuk SD ini dibutuhkan supaya orangtua serta pihak sekolah mampu mengetahui jika anak tersebut mampu dan siap untuk mengikuti pendidikan di jenjang SD sekalipun usianya masih dibawah batasan yang ditentukan.

Tes kesiapan sekolah ini memang ditujukan pada anak usia lulus dari Taman Kanak-Kanak namun belum genap usianya ketika akan memasuki sekolah dasar (SD), namun telah mempunyai kapabilitas akademik dasar. Jika hasil tes kesiapan sekolah menunjukkan hasil yang demikian, maka akan diberikan surat keterangan psikolog untuk rekomendasi masuk SD.

Seperti apa bentuk tes kesiapan sekolah untuk Anak?

Tes kesiapan sekolah disajikan dalam bentuk serangkaian pengujian bertujuan melihat apakah aspek perkembangan anak telah cukup matang, dimana perihal tersebut diperlukan sebagai pendukung proses pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Dasar nantinya. Tes kesiapan sekolah sebenarnya dibutuhkan bagi kebaikan anak itu sendiri. Tentunya akan sangat menghambat anak dalam proses belajar apabila, dalam hal aspek kognitif anak sebenarnya telah dewasa, namun secara kemandirian, emosi, juga faktor lain belum cukup matang.

Tes kesiapan Sekolah Dasar akan membantu orang tua dan guru untuk mengetahui beberapa aspek pertumbuhan pada anak, dimana semua hal tersbut cukup penting serta dibutuhkan dalam mendukung proses pembelajaran di kelas. Beberapa aspek yang bisa diketahui diantaranya keahlian dasar, keterampilan juga kedewasaannya.

Apa saja manfaat dari tes kesiapan Sekolah Dasar?

Tes kesiapan Sekolah Dasar yang dilakukan sebenarnya tidak cuma bertujuan sebagai seleksi calon siswa baru, akan tetapi sebenarnya memiliki manfaat diantaranya :

1. Untuk memahami karakter individu setiap anak

Tentunya tiap anak mempunyai karakter yang unik serta tidak sama antara satu dengan lainnya. Dengan mengetahui laporan tes kesiapan sekolah maka guru dan orangtua akan terbantu, dengan demikian rencana pendidikan dapat disiapkan dengan pertimbangan dukungan serta stimulasi yang diperlukan bagi anak dalam membantu perkembangan secara optimal.

2. Untuk mengetahui bagaimana kesiapan serta kedewasaan anak ketika sekolah nantinya

Selain karakter yang unik, maka tingkat pertumbuhan setiap anak juga cukup beragam. Sebagian anak tumbuh berkembang sesuai dengan usianya, namun ada pula yang lebih cepat juga lebih lambat. Perihal seperti ini memiliki potensi berpengaruh dalam penyesuaian tugas dan program pembelajaran anak. Pada anak yang belum begitu dewasa, nantinya akan ada persiapan atau stimulasi tambahan yang dibutuhkan sebelum benar-benar mulai masuk Sekolah Dasar.

3. Untuk mendeteksi secara dini pada anak berkebutuhan khusus

Sebagian anak memerlukan stimulasi serta penanganan khusus dalam membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang dengan cara optimal, namun tak semua sekolah terdapat fasilitas maupun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tes kesiapan masuk Sekolah Dasar yang disajikan dengan cara individual akan membantu psikotester mendeteksi kebutuhan khusus anak yang kemudian hasilnya akan diberikan kepada guru juga orang tua. 

Berapa durasi tes kesiapan sekolah ini berlangsung?

Tes kesiapan sekolah disajikan dengan durasi waktu berkisar antara 60 hingga 90 menit, ini tergantung pada kemampuan anak dalam menjalani tes ini. Tes ini diberikan bukan hanya berupa bentuk tes terkait motorik halus, namun juga diamati dalam perihal kedewasaan secara menyeluruh, tentang bagaimana anak mampu memahami perintah, kemampuan berkomunikasi, kemandirian, juga sesi untuk konsultasi psikologi berupa wawancara bersama orangtua.

Bisakah tes kesiapan sekolah dilakukan secara online?

Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, maka tes kesiapan sekolah sudah bisa dilakukan secara online tanpa harus bertemu secara langsung. Namun tes kesiapan masuk SD ini harus dilakukan dengan menggunakan video call karena menggunakan alat tes yang berbentuk visual dan interaksi secara langsung.

Dengan kemudahan melakukan tes kesiapan sekolah online, maka akan sangat membantu para orangtua dimana saja untuk memperoleh layanan tes psikologi ini dan mendapatkan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD. Karena memang saat ini praktik psikolog di bidang pendidikan belum merata tersedia di setiap wilayah di Indonesia.

Berapa biaya tes kesiapan sekolah online dan onsite?

Biaya untuk tes kesiapan sekolah secara onsite atau bertemu langsung ditempat adalah Rp 350.000, sedangkan untuk tes kesiapan sekolah online adalah Rp 450.000.

Dimana bisa mendapatkan layanan tes kesiapan sekolah online dan onsite di Jogja?

Jika Anda berada di Yogyakarta atau masih terjangkau wilayahnya, maka bisa melakukan tes kesiapan sekolah secara onsite atau tatap muka langsung ditempat. Namun jika wilayah Anda tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung maka dapat melakukan tes kesiapan sekolah online secara daring.

Silahkan menghubungi Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp di 08170434500 untuk mendapatkan informasi lengkap terkait tes kesiapan sekolah dan layanan konsultasi psikologi lainnya.

psikolog jogja